Algoritma Pemrograman dan Pembuatan Flowchart
Algoritma adalah langkah-langkah yang disusun secara tertulis dan
berurutan untuk menyelesaikan suatu masalah. Sedangkan Algoritma
Pemrograman adalah langkah-langkah yang ditulis secara berurutan untuk
menyelesaikan masalah pemrograman komputer.
Dalam pemrograman yang sederhana, algoritma merupakan langkah pertama yang harus ditulis sebelum menuliskan program. Masalah yang dapat diselesaikan dengan pemrograman komputer adalah masalah-masalah yang berhubungan dengan perhitungan matematik.
Hal yang penting dikuasai dalam pemrograman adalah logika berpikir bagaimana cara memecahkan masalah pemrograman yang akan dibuat. Kadang-kadang ada masalah matematika yang sangat gampang jika diselesaikan secara tertulis, tetapi cukup sulit jika diterjemahkan ke dalam pemrograman. Jika menemukan hal seperti itu, maka algoritma dan logika pemrograman sangat penting untuk memecahkan masalah.
Sebagai gambaran, saya mengambil masalah Frekuensi data. Misalnya ada sekelompok data seperti berikut :
2 4 6 7 2 4 6 6 9 3 5 6 4
Secara tertulis, frekuensi data diperoleh dengan cara menghitung banyaknya tiap data dan menuliskan data mulai dari data yang terkecil ke terbesar dalam tabel. Kolom pertama berisi data dan kolom kedua berisi frekuensi masing-masing data.
Data | Frekuensi |
2 | 2 |
3 | 1 |
4 | 3 |
5 | 1 |
6 | 4 |
7 | 1 |
9 | 1 |
Cukup mudah bukan? Bagaimana jika cara mencari frekuensi di atas dibuat dalam bentuk program? Cukup sulit karena kita perlu menguasai logika pemrograman. Namun kasus ini akan saya bahasa nanti, jika tidak ada halangan.
Baiklah kita mulai untuk membuat Algoritma pemrograman yang sederhana seperti contoh di bawah ini.
Contoh-1 :
Buatlah algoritma untuk menghitung frekuensi data seperti pada contoh kasus di atas.
Buatlah algoritma untuk menghitung frekuensi data seperti pada contoh kasus di atas.
Algoritmanya adalah :
- Mulai
- Tentukan banyaknya data (n)
- Tentukan data sebanyak N
- Urutkan data secara Ascending (Mulai dari data kecil ke besar)
- Hitung banyaknya data (frekuensi ) tiap data
- Tampilkan Frekuensi data dalam bentuk tabel
- Selesai
Buatlah algoritma untuk menghitung nilai y dari persamaan y = 2x + 6
Algoritmanya adalah :
- Mulai
- Tentukan nilai x
- Hitung nilai y = 2x + 6
- Tuliskan/cetak Nilai x dan y
- Selesai
Contoh-3:
Buatlah algoritma untuk menghitung nilai y dari persamaan y = 4x2 + 8x – 2
Algoritmanya adalah :
- Mulai
- Tentukan nilai x
- Hitung nilai y = 4x2 + 8x -2
- Cetak nilai x dan y
- Selesai
Algoritma yang telah dibuat kemudian digambarkan dalam bentuk bagan alir
(flowchart) dengan menggunakan simbol-simbol untuk memudahkan
memecahkan masalah yang akan diselesaikan. Flowchart adalah skema
penggambaran dari algoritma yang disusun dalam bentuk bagan secara
berurutan.
Simbol-simbol yang digunakan untuk membuat Flowchart dalam pemrograman komputer.
Contoh-1:
Buatlah flowchart untuk menghitung nilai y dari persamaan y = 2x + 6
Contoh di atas menunjukkan bagaimana cara menterjemahkan algoritma menjadi flowchart.
Contoh-2:
Buatlah flowchart untuk menghitung luas lingkaran dengan rumus L = πr2.
Algoritma:
- Mulai
- Tentukan nilai phi dan r
- Hitung L = phi x r2
- Cetak Hasil
- Selesai
Flowchart:
Setelah membuat flowchart, maka langkah selanjutnya adalah menuliskan
kode-kode program berdasarkan bagan alir yang sudah dibuat. Dalam
pembahasan ini, saya akan menggunakan Program Pascal. Alasannya karena
Program Pascal adalah bahasa yang mudah dipelajari untuk mempelajari
konsep-konsep dasar dalam ilmu pemrograman komputer dibandingkan dengan
bahasa yang lain. Setelah seseorang telah menguasai konsep dasar
pemrograman, maka akan mudah untuk mempelahari bahasa pemrograman yang
lain.
Semoga bermanfaat. Tuhan memberkati anda semua. Amin
sumber:http://spatabang.blogspot.com/2014/01/pengertian-algoritma-pemrograman-dan.html
1. JUDUL DOBEL,, PILIH SALAH SATU
BalasHapus2. GAMBAR DIUBAH MENJADI RATA TENGAH